Selasa, 10 Juli 2012

MATERI IPS SD KELAS IV SEMESTER 1

SUMBER DAYA ALAM

 Kekayaan alam itu sumber daya alam. Bagi suatu negara, sumber daya alam itu penting. Sumber kehidupan bagi negara. Ada berbagai macam sumber daya alam. Sebelum mengetahui macamnya, kita perlu tahu dulu definisinya. Sumber daya alam adalah sumber daya yang diambil dari alam. Setelah diambil akan dimanfaatkan manusia. Untuk apa? Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan menghasilkan sesuat yang berguna. Segala sesuatu yang ada di bumi merupakan sumber yang manusia. Segala yang diambil dari alam merupakan kekayaan alam. Baik berupa benda mati maupun makhluk hidup. Sumber daya alam dapat dibedakan atas:

1.Sumber daya alam yang dapat diperbarui 
Sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan,dikembangkan, dan diusahakan kembali. 
Apa sajakah rupanya? Sumber ini dapat berupa:
a. Sumber daya alam nabati Sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Misalnya: sumber daya alam pertanian, perkebunan, dan perhutanan. 
b. Sumber daya alam hewani Sumber daya alam yang berasal dari hewan. Misalnya: peternakan dan perikanan.


2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui
Sumber daya alam yang tidak bisa dikembangkan atau diperbanyak. Sumber ini akan habis bila digunakan terus-menerus. Kebanya-kan berupa sumber daya alam pertambangan.
Apa sajakah jenisnya? Sumber ini dapat berupa:
a. Logam Misalnya: tembaga, emas, perak, bijih besi, dan sebagainya.
b. Bukan logam Misalnya: intan, marmer, belerang, dan sebagainya.
c. Energi Misalnya: minyak bumi, batu bara, dan gas bumi/gas alam.

3. Sumber daya panorama alam
Apakah itu? Sumber daya berupa keindahan alam. Misalnya: pulau-pulau, laut, gunung, hutan, dan sebagainya. Berbagai sumber daya alam tersebar di beberapa daerah. Perhatikanlah lingkungan di sekitar tempat tinggalmu! Adakah sumber daya alamnya? Samakah keadaannya dengan keadaan alam temanmu di daerah lain? Memang, ada yang sama, tetapi ada pula yang berbeda. Namun itu bukan jadi masalah. Semua ada manfaatnya semua ada maknanya walaupun tidak memiliki panorama alam, tentu ada yang lebih istimewa. Cobalah cari tahu jika tidak percaya. Boleh juga tanyakan orang tuamu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar