Number Head Together adalah suatu Model pembelajaran yang lebih
mengedepankan kepada aktivitas siswa dalam mencari, mengolah, dan
melaporkan informasi dari berbagai sumber yang akhirnya dipresentasikan
di depan kelas (Rahayu, 2006). NHT pertama kali dikenalkan oleh Spencer
Kagan dkk (1993). Model NHT adalah bagian dari model pembelajaran
kooperatif struktural, yang menekankan pada struktur-struktur khusus
yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.
Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti (Tryana, 2008).
Struktur Kagan menghendaki agar para siswa bekerja saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Struktur tersebut dikembangkan sebagai bahan alternatif dari sruktur kelas tradisional seperti mangacungkan tangan terlebih dahulu untuk kemudian ditunjuk oleh guru untuk menjawab pertanyaan yang telah dilontarkan. Suasana seperti ini menimbulkan kegaduhan dalam kelas, karena para siswa saling berebut dalam mendapatkan kesempatan untuk menjawab pertanyaan peneliti (Tryana, 2008).
Menurut Kagan (2007) model pembelajaran NHT ini secara tidak langsung
melatih siswa untuk saling berbagi informasi, mendengarkan dengan cermat
serta berbicara dengan penuh perhitungan, sehingga siswa lebih
produktif dalam pembelajaran.
Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa lngkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melaksanakan model pembelajaran ini adalah :
- Siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan masing-masing siswa dalam setiap kelompoknya mendapatkan nomor urut
- Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan permasalahan.
- Kelompok memutuskan jawaban yang dianggap paling benar dan memastikan setiap anggota kelompok mengetahui jawaban ini.
- Guru memanggil salah satu nomor dan siswa yang bernomor tersebut melaporkan hasil kerja kelompok.
- Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
- Kesimpulan.
Setiap
model dan metode yang kita pilih, tentu memiliki kekurangan dan kelebihani. Salah satu kekurangan dari metode ini ialah kelas
cenderung jadi ramai, dan jika guru tidak dapat mengkondisikan dengan
baik, keramaian itu dapat menjadi tidak terkendali, sehingga menggangu
proses belajar mengajar.
- Kelebihan Model Number Heads Together :
- Setiap siswa menjadi siap semua
- Dapat melakukan diskusi mengajari siswa yang kurang pandai
- Kelemahan Model Number Heads Together :
- Kemungkinan nomor yang dipanggil, dipanggil lagi oleh guru
- Tidak semua anggota kelompok dipanggil oleh guru
The King Casino Hotel | Jamul Casino & Spa
BalasHapusThe https://jancasino.com/review/merit-casino/ King Casino Hotel is dental implants set 1 mile south of Jamul Casino, 1 MPRC ventureberg.com/ Blvd, Jamul, Georgia. View map. This casino offers a variety of gaming worrione.com options including 출장안마 slots,